Tulisan ini
bukanlah sajian tentang alam pikir ibrani dalam artian yang luas dan kini,
melainkan hanya apa yang secara hakiki dan mutlak berkaitan dengan iman kristen
yakni “ bagimana orang Ibrani (israel ) menempatkan dirinya dihadapan Tuhan yang
menjadi Allahnya, sperti yang tertulis didalam Alkitab.
Perlu
diperhatiakn bahwa alam pikir ibrani dan alam pikir alkitab tidak dapat
dipisahkan satu sama lain, oleh karena keduanya justru saling membentuk. Ezra
mengakui bahwa sabda TUHANlah yang mula –mula menjadi bentuk dasar dari pada
alam pikir ibrani, oleh karean Tuhan sendiri yang melahirkan dan membentuk
israel menjadi suatu bangsa
Referensi :
- Ulangan 32 : 18 Gunung batu yang memperanakkan engkau, telah kaulalaikan, dan telah kaulupakan Allah yang melahirkan engkau.
- Yesaya 43:21 umat yang telah Kubentuk bagi-Ku akan memberitakan kemasyhuran-Ku."
Substansi :
- Intisari kepercayaan Ibrani : dalam huruf Ibrani); י (yod) ה (heh) ו (vav) ה (heh) atau יהוה (YHWH) pribadi YHWH baca Adonai – Tuhan, NamaNya terdiri terdiri dari empat huruf mati ,arti nama itu : tertutup tertutup,maksudnya bahwa sebelum dia tidak ada yang ada, dan sesudah dia tidak ada yang akan ada, semakna dengan “Ego Eimi To Alfa Kai To Omega “
Referensi :
Yesaya 43 :10 "Kamu
inilah saksi-saksi-Ku," demikianlah firman TUHAN, "dan hamba-Ku yang
telah Kupilih, supaya kamu tahu dan percaya kepada-Ku dan mengerti, bahwa Aku
tetap Dia. Sebelum Aku tidak ada Allah dibentuk, dan sesudah Aku tidak akan ada
lagi.
Yesaya 44:6 Beginilah firman TUHAN, Raja dan Penebus Israel, TUHAN
semesta alam: "Akulah yang terdahulu dan Akulah yang terkemudian; tidak
ada Allah selain dari pada-Ku.
Yesaya 48:12
"Dengarkanlah Aku, hai Yakub, dan engkau Israel yang Kupanggil!
Akulah yang tetap sama, Akulah yang terdahulu, Akulah juga yang terkemudian!
Wahyu 1 :8 "Aku adalah
Alfa dan Omega, firman Tuhan Allah, yang ada dan yang sudah ada dan yang akan
datang, Yang Mahakuasa."
Itulah
sebabnya Alkitab berkata:
- Hanya TUHAN yang ada, dan bukan yang Maha Ada
- Hanya TUHAN yang kasih dan Bukan Maha kasih
- Hanya Tuhan Yang Kudus dan bukan Maha Kudus
- Daftar bisa ditambahkan
B. Tuhan itu
kasih dan kudus adanya ( Kel 22:27 ; Im 19:21) Pengakuan inilah yang membuat
orang ibrani mengaku bahwa “ orang benar tidak akan ditimpa bencana apapun,
Amsal 12:21 Orang benar tidak akan ditimpa oleh bencana apapun, tetapi orang
fasik akan senantiasa celaka.
Mengapa ?
OLEH KARENA DIPERCAYA APAPUN YANG DATANGNYA DARI TUHAN ITU BAIK ADANYA. Karena
hanya DIA yang baik adanya dan DIA pun tiak dapat melakukan apa yang
bertentangan dengan Kodrat-Nya ( Matius 7:15-20) Yakobus 3:11,12 itulah sebabnya “BAIK
PEDANG, KEMATIAN, PENYAKIT, KELAPARAN, RUGI, dibuang dan tidak dipandang sebagai
bencana melainkan sebagai pernyataan Kasih dan kudusnya Tuhan, Ayub 37:11-13
yang semakna dengan “ guna menghasilkan buah Kebenaran yang memberikan Damai
(Ibrani 12:11)
C. Hubungan
dengan Tuhan bersifat dinamis, dan bukian Mekanis, artinya Ia disembah dan
diabdi sebagai yang berdaulat penuh yang mencakup ruang dan waktu “ Ulay ” semoga,
mungkin, nanti, sering digunakan dalam situasi sakral, dalam Ibadah, berdoa
,berperang, seruan untuk bertobat Misalnya antara lain Amos 5:4-6 yang
menandakan kebergantungan penuh dan bukan upaya menggenggam dan mengupas Tuhan
. ‘ Ulay ” juga bukan usaha untuk menjelaskan apa yang sudah jelas jelas tidak
jelas, karena tak seorangpun pernah melihat TUHAN (keluaran 33:20 – Yoh 1 : 18 –
I Yoh 4 :12 ) karena itu yang diminta dari manusia ( Kapernaum jembrana dan Tabanan “ Iman percaya” Khoris de Pisteos adunaton Euarestesai ( Tanpa Iman
tidak mungkin berkenan ) Ibrani 11 :6
Referensi
Kitab “
Alkitab
Ibrani Indonesia LAI 1999
The Greek
New Testament- United Bible Societies 1983
Tidak ada komentar:
Posting Komentar